Beranda Anambas BPS Anambas Latih Petugas Susenas

BPS Anambas Latih Petugas Susenas

188
0
BERBAGI

DETIKANAMBAS.COM, TAREMPA – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas mengadakan Pelatihan Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Tahun 2018 bagi petugas yang akan diturunkan ke lapangan. Pelatihan berlangsung di Aula Hotel Anambas Inn, Tanjung, Tarempa Rabu (31/1/2018) dan dibuka oleh Kepala Kantor BPS Kabupaten Kepulauan Anambas, Suparmono.

Ditemui disela-sela acara, kepada detikanambas.com, Kepala Kantor BPS Kepulauan Anambas, Suparmono mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan itu, akan diajarkan bagaimana cara mendata atau men-survey rumah tangga yang baik dan benar. Agar tidak terjadi kesalahan yang akan mengakibatkan tidak akuratnya hasil survey yang dilakukan.

“Pelatihan ini perlu, agar para petugas survey yang turun ke lapangan nantinya sudah memahami dengan baik bagaimana mereka harus bekerja. Survei dapat berjalan dengan baik dan lancar serta hasilnya akurat,”kata Suparmono.

Hal itu menurut Suparmono sangat berpengaruh, sebab Susenas mempunyai peranan penting dalam membantu pemerintah dalam mendorong keberhasilan pembangunan nasional.Petugas susesan nantinya akan mendata seluruh rumah tangga yang ada di Kepulauan Anambas.

“Berapa jumlah orang dalam satu keluarga, hingga pemasukan dan pengeluaran ekonomi keluarga masuk dalam materi survey itu, “ terang Suparmono.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan asal Kecamatan Jemaja Timur, Harmaini menuturkan bahwa dirinya merasa mendapatkan tambahan pengetahuan dalam mengikuti pelatihan tersebut.
“Banyak ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini, saya sangat merasa kegiatan ini sangat bermanfaat,” ujar Harmaini. (hi/red/)