Beranda Anambas Dayak Iban Di Desa Air Sena

Dayak Iban Di Desa Air Sena

1432
0
BERBAGI

Dayak Iban Dalam Desa Air Sena Anambas

Oleh Lionardo Panyat, SH

DETIKANAMBAS.COM –  Desa air sena adalah Desa yang terletak di Kecamatan Siantan Tengah Kabupaten Kepuluan Anambas. Dalam hal ini desa yang terdapat mayoritasnya yaitu suku laut, cina, cina dayak dan juga dayak iban campuran yang terdapat di desa ini. sedangkan Agama yang dianut oleh masyarakat di desa ini adalah Agama Katholik dan Agama Budha.

Pemerintahan Desa Air Sena yang di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Selamat Suandi (2013-2018), biasa orang laut mengatakan dengan sebutan Bhotin dan orang Dayak Iban bilang Tuai Adat,yang dimaksud adalah kepala Adat/orang yang dianggap pemimpin.

Adapun pada zaman dahulu kampung ini didirikan oleh 8 orang dari suku laut dan juga dayak iban. Dahulu kala kampung ini merupakan kawasan hutan-hutan. Selanjutnya terdapat kehidupan setelah datanglah suku dayak iban dan penduduk asli suku laut. Desa ini dinamakan air sena sebab terdapat banyak pohon-pohon sena di wilayah ini.

Keturunan Dayak Iban Masih Banyak di Desa Air Sena,cuma keturunan Dayak Iban tersebut karena sudah lama disana,mereka tidak bisa menggunakan Bahasa Dayak Iban.karena tidak diajarkan oleh tetua tetua dahulu. Ada satu orang Pemuda Desa Air Sena yang memang karena berkelana di Kalimantan ia bisa mempelajari Bahasa Dayak Iban dan Dayak Kanayatn sebut saja (Lionardo Panyat, SH).

Dayak Iban di Desa Air Sena pada saat ini yang mempunyai nama Besar adalah Panyat dan Banyah.yang memang makamnya masih ada di Desa Air Sena dan Keturunannya.

Mata pencaharian Desa Air Sena mayoritas adalah Nelayan Pancing dan Keramba Apung. Ada juga yang berkebun hanya 2% dari jumlah penduduk yang berkebun. Pendapatan masyarakat Desa Air Sena bergantung pada ekspor ikan hidup seperti ikan Kerapu dan Napoleon. Kapal Hongkong yang biasa disebut oleh warga adalah salah satu Transportasi untuk penjualan ikah hidup langsung dari Hongkong.

Tips Berlibur ke Desa Air Sena

Tampak Dari Atas Desa Air Sena – Kecamatan Siantan Tengah /f-Lionardo

Sebaiknya Anda berlibur ke desa ini dengan beberapa tips yaitu dengan mengajak para keluarga dan juga dapat mengajak para teman ataupun yang lainnya. Sebaiknya juga membawa makanan serta minuman sesuai dengan selera Anda. Hal ini dikarenakan di desa ini tak begitu banyak makanan yang modern seperti di kota-kota besar pada umumnya.

Keramba Apung di Desa Air Sena Menjadi Komoditi Utama Masyarakat Setempat /F-Lionardo

Desa air sena ini mempunyai tempat wisata Keramba Apung Terbesar Di Anambas khususnya Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah. Keramba Apung yang dipunyai oleh Pengusaha sukses dari Desa Air Sena yaitu Bapak Dodo. ***