Beranda Anambas Dua Kecamatan Baru di Anambas Tunggu Kode Wilayah dari Kemendagri

Dua Kecamatan Baru di Anambas Tunggu Kode Wilayah dari Kemendagri

101
0
BERBAGI

Pemkab Anambas Alokasikan Anggaran Operasional Untuk Dua Kecamatan Baru

Detikanambas.com, Tarempa – Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tengah menunggu kode wilayah dua Kecamatan yang akan di mekarkan dari Kementerian Dalam Negeri. Dimana Pemkab Kepulauan Anambas mengalokasikan anggaran Rp900 juta untuk operasional dua Kecamatan tersebut.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (Adpum ) Setdakab Anambas, Raja Amizan mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran tersebut di Kecamatan induk. Dimana dari masing-masing Kecamatan akan mendapatkan biaya operasional sebesar Rp450 juta.

“Maka saat ini kami hanya tinggal menunggu kode wilayah dari Kemendagri. Apabila kode wilayah sudah selesai maka pelantikan Kecamatan baru segera dilaksanakan,” kata Raja Almizan beberapa waktu lalu seperti dilansir BATAMTODAY.COM.

Dijelaskan dia, untuk dua Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Siantan Utara yang mekar dari Kecamatan Palmatak, dan Kecamatan Jemaja Barat mekar dari Kecamatan Jemaja.

“Kalau untuk kantor Camat sementara akan menggunakan kantor desa yang menjadi ibu kota Kecamatan. Tentunya kita berharap dengan beroperasinya dua Kecamatan tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

Diketahui pada 2019 ini jumlah Kecamatan di Anambas bertambah menjadi sembilan Kecamatan. Karena sebelum adanya pemekaran hanya tujuh Kecamatan.

“Akan ada sembilan kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Siantan, Siantan Selatan, Siantan Tengah, Siantan Timur, Palmatak, Jemaja, Jemaja Timur, Siantan Utara serta Kecamatan Jemaja Barat,” terangnya.

Kecamatan yang mekar yakni Kecamatan Jemaja Barat yang mekar dari Kecamatan Induk Jemaja, yang terdiri dari 3 desa antara lain, Desa Impol (Ibukota Kecamatan), Keramut dan Sunggak. Kemudian, Kecamatan Siantan Utara mekar dari Kecamatan Induk Palmatak yang terdiri dari 3 desa antara lain Desa Mubur (Ibukota Kecamatan), Piasan dan Bayat.

Sumber : BATAMTODAY.COM

Editor : Agedas