Beranda Anambas Kwarcab Pramuka Lingga, Berkemah dan belajar menulis berita

Kwarcab Pramuka Lingga, Berkemah dan belajar menulis berita

37
0
BERBAGI

Lingga, – Perkemahan Literasi Digital yang di gelar oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Lingga bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lingga, pada sesi pertama kegiatan diisi oleh narasumber Kabarbatam.com Anwar Sadat Guna dengan memberikan materi teknik dasar menulis karya jurnalistik.

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Batu Berdaun, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Sabtu (19/10/2019), Anwar memaparkan materi teknik dasar menulis berita, teknik wawancara doorstop, dan beberapa teknik lainnya, namun karena keterbatasan waktu beberapa teknik jurnalistik lainnya tidak sempat dipaparkan oleh mantan ketua AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) Batam ini.

“Dalam penulisan sebuah berita karya jurnalistik yang terpenting adalah 5W+1H, atau piramida terbalik, itu merupakan teknik yang paling dasar, karena waktunya terbatas saya harap nantinya adik-adik pramuka dapat belajar lagi sama kakak-kakak wartawan PWI Lingga” kata Anwar.

Kedepannya ia berharap kepada adik-adik pramuka dapat terus menggali ilmu jurnalistik lewat rekan-rekan wartawan PWI Lingga, selain itu Anwar juga berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus berkesinambungan. Menurut Anwar menulis tidak mesti menjadi wartawan tapi dengan menulis tentunya akan banyak menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Anwar dalam pemaparannya tentang teknik penulisan 5w1h dihadapan adik-adik peserta Kemah Literasi Digital

“Semakin sering kita menulis maka akan bertambah mahir dalam membuat sebuah karya tulisan baik itu karya jurnalistik maupun tulisan-tulisan lainnya” kata Anwar.

Pada sesi penghujung materinya, Pimpinan redaksi Kabarbatam.com, ini meminta kepada adik-adik Pramuka untuk langsung praktek dengan materi wawancara doorstop dan menulis berita hasil wawancara tersebut, yang selanjutnya hasil dari tulisan dari para peserta dikoreksi dan didiskusikan bersama-sama.

Kegiatan disambut antusias oleh peserta sebab selain dilakukan di luar ruangan, materi yang disampaikan narasumber tersampaikan dengan baik, terlihat dari hasil tulisan para peserta yang menurut Anwar rata-rata didapati hanya sedikit koreksi.

Penulis (femy).