BERBAGI

Detikanambas.com – Nurjali wartawan Antara Kepri turut serta memberikan materi terkait bidang kehumasan kepada peserta kegiatan Perkemahan Literasi Digital yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan pantai Batu Berdaun, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, Sabtu (19/10/2019).

“Kehumasan atau istilahnya Public Relation, merupakan sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar yang bertujuan untuk mendapatkan citra positif dan dukungan dari publik,” kata Nurjali.

Untuk mendapatkan dukungan tersebut harus pula bisa membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik serta bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. Kesuksesan atau kegagalan dari sebuah organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan Humas (Hubungan Masyarakat) atau Public Relations (PR).

Lebih lanjut dikatakan oleh pria yang akrab dengan sapaan Wak Jali ini mengatakan, ilmu komunikasi itu gampang untuk dipelajari namun sulit dipersentasikan, sebab harus punya sasaran dan harus pula tepat sasaran untuk mencapai tujuan kehumasan tersebut. Selain itu satu kesatuan dari organisasi harus saling bahu-membahu guna membangun citra positif agar dapat diterima publik.

Menurut pria yang juga aktif didunia kepramukaan ini, perkembangan kehumasan saat ini lebih dominan mengikuti teknologi digital dengan menggunakan media sosial.
Selain itu Humas juga memiliki tiga pengertian, yang diantaranya;
– Memberi penerangan kepada masyarakat.
– Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan.
– Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.

“Dalam kondisi teknologi yang tumbuh pesat seperti saat ini, seorang komunikator atau Public Relation, harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi, baik itu alat teknologi komunikasi maupun aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya guna tercapainya tujuan dari kehumasan tersebut” ungkapnya.

Menurut Nurjali keterkaitan antara teknologi dan kehumasan khususnya di Kabupaten Lingga dari hasil riset data Google Analytic menunjukan pengguna media sosial paling tinggi digunakan adalah Facebook yang berada pada peringkat pertama, dan Instagram pada peringkat kedua sedangkan untuk penggunaan Twitter di Kabupaten Lingga masih sangat minim sekali penggunanya. Untuk tercapainya kehumasan yang maksimal dan mendapatkan reputasi positif, Kwarcab Kabupaten Lingga telah memiliki website guna mempublikasikan kegiatan kepramukaan agar terekspos dan diketahui khalayak ramai.

“Mengimbangi perkembangan komunikasi melalui teknologi Kwarcab Lingga saat ini telah memiliki website dengan alamat www.kwarcablingga.org yang mana website tersebut juga terintegrasi langsung dengan alamat Instagram untuk foto dan Facebook dalam bentuk narasi” kata Jali.

Diketahui kegiatan yang mengusung tema Perkemahan Literasi Digital diprakarsai oleh Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Lingga menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lingga serta didukung oleh pihak kepolisian Polres Lingga,

Selain menghadirkan narasumber atau pemateri dari pihak wartawan yang ada di Kabupaten Lingga, kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber profesional yang telah berkompeten dibidangnya seperti Anwar Sadat dari Kabarbatam.com, Hadi Maulana dari Kompas.com dan Agus Fathurrahman dari Metro TV.

Artikel ini disadur dari
https://kabarbatam.com/2019/10/20/anggota-pramuka-lingga-belajar-tentang-kehumasan/